Header Ads

Kecapean Usai Lebaran? Ini Tips Agar Bugar Kembali

UD PAJU MARBUN --  Pekan depan, mayoritas pekerja kembali beraktivitas. Baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta akan masuk ke kantor usai menjalani libur Lebaran.

Namun, biasanya tak semua pegawai dapat langsung produktif bekerja. Mungkin saja mereka masih terbawa suasana liburan yang menyenangkan sehingga malas bekerja.

Kalau sudah begitu, produktivitas kerja pun menurun. Bila dibiarkan berlarut-larut, bisa membahayakan karier pekerja.

Nah, daripada sindrom malas bekerja itu menimpa Anda saat kembali ke kantor, ada baiknya Anda mengikuti beberapa rangkuman tips untuk mengembalikan semangat kerja yang bersumber dari Jobstreet.co.id dan Forbes.

Pertama, berpikir positif. Rasa malas pergi ke kantor pada hari pertama kerja biasanya timbul karena adanya pikiran negatif.

Untuk mangatasi masalah itu, lawanlah dengan pikiran positif. Artinya Anda harus menstimulus atau memikirkan hal-hal positif di kantor yang dapat memompa semangat kerja.

Misalnya dengan melakukan perubahan kecil-kecil. Contohnya dengan mengubah wallpaper di ponsel dan layar laptop Anda dengan gambar atau foto yang membakar semangat.

Kedua, menciptakan suasana hangat dan bersosialisasi. Salah satu alasan orang ingin datang ke kantor selain bekerja adalah bertemu dengan rekan kerja.

Berikanlah senyum hangat dan terlebar Anda kepada rekan kerja di hari pertama masuk kantor. Bahkan, jika memungkinkan berbagilah cerita tentang pengalaman menyenangkan selama liburan atau cenderamata ke mereka.

Dengan demikian, suasana kerja menjadi hangat, Anda pun semangat untuk bekerja kembali.

Ketiga, buat perencanaan kerja dan analisa. Beberapa hari sebelum masuk kerja sebaiknya Anda membuat rencana kerja yang harus diselesaikan, mulai dari hari pertama kerja sampai beberapa minggu ke depan.

Nah, bila sudah tersusun rencana tersebut buatlah analisa. Maksudnya, Anda mengulas lagi pekerjaan yang sudah dilakukan. Sampai sejauh mana perkembangannya dan apa masalahnya.

Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi untuk menyelesaikan pekerjaan dalam beberapa waktu ke depan.

Keempat, buatlah prioritas dan fokus. Ketika Anda sudah mempunyai daftar tugas beserta analisanya, maka langkah selanjutnya adalah menyusun prioritas.

Pilih pekerjaan mana yang lebih penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda lebih mengutamakan tugas remeh-temeh yang deadline-nya masih jauh, dibanding pekerjaan utama yang harus diselesaikan.

Fokuslah dalam mengerjakan tugas prioritas tersebut. Dengan demikian, ketika hari pertama masuk kantor Anda dapat membuat waktu bekerja lebih produktif dan efisien.

Kelima, jaga kesehatan. Keempat tips di atas tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa dukungan jiwa dan raga Anda yang sehat.

Oleh karena itu, selama liburan usahakan Anda menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat dan rileks. Caranya adalah dengan menjaga asupan nutrisi tubuh dan isitirahat yang cukup. (sumber)

Nb. Lihat peluang usaha lainnya di sini.

No comments

Powered by Blogger.