Header Ads

#Mudik: Ini Hal Wajib Dilakukan pada Mobil

UD PAJU MARBUN -- Lebaran sebentar lagi tiba artinya musim mudik segera menyapa. Mudik selalu menjadi momen tak terlupakan, baik karena macetnya yang tak tertahankan maupun kegembiraan yang berhasil diciptakan dari asiknya mudik tersebut. Khusus untuk kamu yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, tentunya persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Persiapan ini berupa pemeriksaan mesin mobil secara menyeluruh. Setidaknya ada 7 bagian penting dari sebuah mobil yang mesti kita perhatikan agar mudik aman dan nyaman:

1. Cek Keseluruhan Mesin

Bila mobil kamu sudah cukup mumpuni untuk menempuh jarak jauh saat mudik, cukup melakukan tune up mesin standar. Mintalah mekanik bengkel untuk membersihkan karburator, penyetelan klep, busi, serta mengganti oli. Tapi jika kamu ingin meningkatkan tenaga motor maka cukup meminta mekanik untuk melakukan penyetelan karburator. Cukup dengan mengganti spuyer, setel klep, main jet.

Saluran bahan bakar ke ruang bakar juga harus diperiksa, terutama bila ring piston sudah ada gejala aus agar segera diganti. Selain itu busi jangan lupa diganti agar pengapian makin sempurna.

2. Air Radiator

Periksa kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radioator dan ganti dengan air yang baru, kalau perlu tambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal.

3. Rem dan Kaki

Peran kaki-kaki dalam menopang motor saat melakukan perjalanan jauh sangat vital. Karena itu, periksa komponen kaki-kaki, mulai dari pelek, rantai dan gir, ban, hingga bearing roda. Kampas rem biasanya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Tapi jika dirasa sudah tidak nyaman sebaiknya segera ganti yang baru

4. Ban

Ban yang kondisinya sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap jalan. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam keadaan hujan. Cukup mudah untuk memeriksa kelayakan sebuah ban, lihat saja apakah ada retak dalam permukaan ban? Retakan ini ditimbulkan dari permukaan karet ban yang sudah lentur dengan compound ban mulai berkurang. Kondisi ban seperti ini jika tetap dipaksakan berjalan berpotensi mengalami pecah ban. Segera beli ban baru jika kondisinya sudah seperti ini.

5. Bagian lampu dan sinyal

Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya. Perangkat sinyal lain yang juga harus diperiksa adalah klakson. Isyarat suara itu sangat dibutuhkan manakala kamu melintasi jalan yang sepi atau jalan berkelok.

6. Wiper

Cek juga air untuk wiper agar tidak ngadat saat hujan turun. Jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. Jika hujan, wiper yang bagus akan membuat pandangan kamu lebih jelas saat mengemudikan mobil.

7. Kelengkapan Mobil

Jika kondisi mobil sudah oke, kini saatnya periksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. Selain itu  bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman.  Terakhir, cek masa berlaku STNK dan SIM kamu, siapa tahu waktunya harus diperpanjang. Jika semua sudah beres, kini tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh yang melekahkan. Selamat mudik. ()

Nb. Lihat peluang usaha lainnya di sini.

No comments

Powered by Blogger.