Header Ads

Mengintip Peluang Bisnis di Musim Mudik Lebaran

UD PAJU MARBUN -- Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia jika libur lebaran digunakan untuk mudik atau pulang kampung. Namun jika tahun ini Anda tak mudik, coba intip peluang bisnis yang bisa Anda ambil.

Sewa mobil. Masalah yang seringkali dihadapi oleh pemudik adalah sulitnya mendapatkan sarana transportasi untuk perjalanan mereka. Maklum, tiket transportasi umum, mulai dari kereta, bis, hingga pesawat biasanya ludes jauh-jauh hari. Sewa mobil jadi alternatif terakhir mereka. Rata-rata harga sewa mobil untuk mudik berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp 1juta per hari menggiurkan bukan?

Cari tahu siapa saja tetangga di sekitar tempat tinggal Anda yang mudik dan membutuhkan mobil. Anda bisa menawarkan mereka untuk menggunakan mobil Anda. Beri aturan dan perjanjian yang jelas termasuk perihal kerusakan mobil. Jangan lupa siapkan asuransi kendaraan Anda.

Sewa supir. Biasanya ini sudah satu paket dengan sewa mobil. Harus melakukan perjalanan jauh, para pemudik sebenarnya lebih suka jika mereka hanya duduk dan tidak menyetir. Anda bisa menawarkan paket sewa mobil dan sewa supir. Atau jika memang Anda memiliki kenalan orang-orang yang bisa menjadi supir, coba tawarkan mereka kerjasama.

Sewa tempat istirahat. Setiap musim mudik tiba, rumah-rumah di pinggir jalan sepanjang jalur mudik biasanya ketiban rezeki. Salah satu yang paling banyak dicari pemudik adalah tempat untuk istirahat dan buang air. Biasanya mereka akan mencari masjid atau rumah-rumah yang menyediakan tempat tersebut. Anda yang memiliki rumah di pinggir jalan di jalur mudik, bisa, lho, menangkap peluang ini.

Jasa penitipan hewan peliharaan. Tak banyak warga yang membawa serta hewan peliharaan mereka saat pulang kampung. Tempat penitipan hewan pun banyak dicari. Jika Anda memiliki lahan cukup luas yang tidak digunakan di rumah, mungkin bisa mengambil peluang ini. Coba jalin kerjasama dengan beberapa petshop yang kekurangan lahan dan tempat untuk menampung hewan-hewan titipan.

Kuliner khas daerah. Anda yang tinggal di kota tujuan pemudik, ada peluang bisnis yang juga bisa digarap. Kebiasaan pemudik di kampung halaman adalah mencari jajanan atau kuliner khas daerah yang mereka rindukan. Mulailah membuat daftar makanan apa saja yang jadi jajanan khas daerah Anda dan oleh-oleh apa saja yang paling banyak dicari pemudik.  (sumber)

Nb. Lihat peluang usaha lainnya di sini.

1 comment:

  1. situs resmi laga ayam filipina terbesar
    Taruhan S128 - SV388
    Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Powered by Blogger.